Kajian TITIK-TEMU X “Membangun Karakter Bangsa”

Merujuk pada semangat dasar pendirian bangsa oleh para founding fathers, bangsa Indonesia dibangun atas semangat kemandirian untuk menentukan nasibnya dan ditopang oleh nilai-nilai luhur kehidupan bersama. Seharusnya semangat dasar itu dapat menentukan dan mewarnai arah kebijakan yang dibuat oleh para pemangku kebijakan publik di negeri ini. Tanpa karakter yang kuat, arah perjalanan bangsa ini pada akhirnya diombang-ambing oleh arah angin yang tak menentu. Kondisi seperti ini sebenarnya dapat kita hindari bila kita sudah menegaskan kemana kita akan melangkah dan kita berkomitmen pada janji nasional yang sudah kita patri di dada ini.

Dengan semangat kemandirian kita menegaskan bahwa kita harus menentukan nasib kita sendiri tanpa mau didikte oleh kepentingan pihak luar. Dalam menentukan reason d’etre bangsa ini, para pendiri bangsa sudah merumuskannya dengan sangat baik “melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial…”.

Nurcholish Madjid Society (NCMS) menggelar Kajian TITIK-TEMU X, dengan tema membangun karakter bangsa, akan hadir bersama Prof. Dr. Komarudin Hidayat, M.A. dan Erry Riyana Hardjapamekas. Bertempat di Omah Btari Sri, Jl. Ampera Raya No. 11, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis, 24 Maret 2011, Jam 18.30 s.d 21.30 WIB

 

 

Post a comment